Keterangan Gambar : Siti Atikoh Supriyanti, istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, bertemu warga perempuan Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat, Rabu (13/12/2023) dalam kegiatan berjudul “Ibu Sehat Keluarga Kuat”. (foto: tpn ganjar mahfud)


essapers.com, Jakarta - Siti Atikoh Supriyanti, istri Calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo, mengatakan perempuan sehat dibutuhkan untuk membentuk sebuah keluarga yang kuat. Karenanya, Atikoh mendorong perempuan harus sadar menjaga kesehatan. Hal itu disampaikan Atikoh saat mengunjungi pemeriksaan kesehatan di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (13/12/2023).


Acara itu diberi tajuk 'Ibu Sehat Keluarga Kuat'. Pemeriksaan kesehatan yang tersedia mencakup ukur tensi, suhu tubuh, serta konsultasi kesehatan dengan dokter. Atikoh berharap dengan ini warga bisa lebih sadar akan kesehatannya.


"Ini bisa jadi deteksi awal, sehingga kalau misal ada diagnosis lebih awal kan treatment-nya lebih mudah," ucap Atikoh


Selain itu, Atikoh juga sempat berdialog dengan seorang ibu bernama Karni. Ibu dua anak tersebut merupakan warga Wonogiri. Sambil berinteraksi, Atikoh sekaligus membahas isu stunting karena stunting terkait dengan SDM. Jika ingin mewujudkan Indonesia emas harus diawali dari SDM.


Ibu dari Zinedine Alam Ganjar itu menegaskan, seorang perempuan harus menjaga kesehatan dirinya. Terutama calon ibu muda. Sebab jika seorang ibu sehat, maka akan berpengaruh pada janin yang dikandungnya.


"Karena kalau stunting, itu berarti tidak reversibel, jadi benar - benar harus dijaga. Dimulai sejak calon ibu mau menikah, harus mendapat edukasi," tegasnya.


Atikoh berharap ke depan pemeriksaan kesehatan serupa lebih dimasifkan lagi. Terutama di tingkat terkecil masyarakat. Utamanya bagi perempuan, sebab jika mereka sehat maka akan produktif.


"Tadi juga ada edukasi terkait agar perempuan berdaya salah satunya dari sisi kesehatan. Karena kalau kesehatannya mereka terjamin dan terjaga, maka mereka akan menjadi ibu-ibu yang produktif juga," tandasnya.


Atikoh hadir di lokasi bersama caleg DPR RI dari PDI Perjuangan di antaranya Charles Honoris, dan Jeffry Waworuntu. Di kesempatan itu, tokoh masyarakat bernama Sakri menyampaikan rasa syukurnya atas kehadiran Atikoh.


"Terima kasih atas kunjungannya mudah - mudahan ada kelanjutannya. Sampaikan salam hormat kami semua warga tempat ini kepada Bapak Ganjar. Mudah - mudahan Beliau bisa hadir," pungkasnya.(L)