Label 1


 

Hadiah Pusaka Bedog Lubuk, Simbol Karawang ingin Menangkan Ganjar

Keterangan Gambar : Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengacungkan Bedog Lubuk atau Golok Lubuk, senjata khas Karawang yang memiliki makna filosofis mendalam, yakni simbol trilogi Sunda silih asih, silih asah, silih asuh dan silih wangiken.(foto: tpn ganjar mahfud)


essapers, Karawang, Jabar : Ganjar Pranowo mendapat hadiah pusaka Bedog Lubuk saat kunjungannya ke Karawang, Jumat (15/12/2023). Hadiah itu sebagai salah satu bukti, masyarakat Karawang ingin Ganjar memenangkan pertarungan Pilpres 2024.


Masyarakat Karawang memang begitu antusias pada Capres 2024 nomor urut 3 itu. Setiap acara yang didatangi Ganjar, mereka begitu antusias dan berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama.


"Pak Ganjar idola kami. Pak mau salim Pak, pengen foto sama Bapak. Sehat selalu ya Pak," teriak warga,  Jum’at (16/12/2023) pagi.


Di beberapa lokasi, mobil yang ditumpangi Ganjar beberapa kali berhenti. Ganjar terpaksa berhenti karena warga berlarian untuk mendekat dan ingin bersalaman dengannya. Ganjar juga membagi-bagikan kaos pada masyarakat yang berebut mendapatkanya.


"Makasih pak, sehat selalu Pak Ganjar," teriak warga yang berjingkrakan mendapat kaos dari Ganjar.


Tidak hanya meminta, warga Karawang juga memberikan hadiah khusus untuk Ganjar sebagai tanda cinta. Bukan sembarang hadiah, warga memberikan hadiah pada Ganjar berupa pusaka Karawang yakni Bedog Lubuk (Golok Lubuk) dan Sagadeng Pare (Seikat Padi).


"Hadiah ini kami berikan pada Bapak, karena kami sangat senang didatangi Bapak. Ini bukan hadiah sembarangan, tapi ini adalah pusaka kami masyarakat Karawang untuk ongkos Bapak memimpin Indonesia," ucap Hendra Wijaya, salah satu tokoh adat Karawang.


Bedog Lubuk atau Golok Lubuk menurut Hendra adalah senjata khas Karawang. Senjata itu memiliki makna filosofis yang sangat dalam, yakni simbol trilogi Sunda silih asih, silih asah, silih asuh dan silih wangiken.


"Kalau bahasa modernnya itu satunya hati, pikiran dan perbuatan," jelasnya.


Sementara Sagedeng Pare atau seikat padi merupakan simbol kesejahteraan. Dengan diberikannya Bedog Lubuk dan Sagedeng Pare, maka masyarakat Karawang berharap Ganjar semakin tegas, memberantas KKN setajam golok dan berjuang menyejahterakan masyarakat.


"Kami berikan bekal ini, dengan harapan semoga bapak semakin sukses ke depan memimpin Indonesia," pungkasnya.


Ganjar begitu mengapresiasi sambutan hangat warga Karawang padanya. Selama dua hari di Karawang, ia bertemu banyak masyarakat dan mendengarkan masukan serta keluhan mereka.


"Rasanya sangat menyenangkan. Ada suasana bahagia ketika mereka bisa mengajak foto dan penyambutannya tulus luar biasa. Dan saya mendapat banyak pesan, masukan sekaligus catatan untuk perbaikan ke depan," ucapnya. (L)

close
Banner iklan disini