Label 1


 

MANDIRI BERKAT SMK JATENG, DIFABEL MINTA GANJAR LANJUTKAN SE - INDONESIA

Keterangan Gambar : Dua penyandang disabilitas warga Kabupaten Karanganyar yang berhasil mandiri setelah sebelumnya mengikuti pelatihan di SMK Jateng. Keduanya berterima kasih kepada calon presiden nomor 3 Ganjar Pranowo saat mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut, Minggu (24/12/2023) menemui ribuan warga Kabupaten Karanganyar di Jl. Gatot Subroto Kecamatan Garum. (foto: tpn ganjar mahfud)


essapers.com, Karanganyar, Jateng  Capres 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo disambut antusias ribuan warga Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). Rasa kangen bertemu mantan Gubernur Jateng dua periode itu membuat warga rela berdesakan untuk bersalaman dengannya tatkala Ganjar tiba di lokasi acara, di Jl Gatot Subroto Kecamatan Gaum, Karanganyar itu.


"Pak Ganjar siapa yang punya. Pak Ganjar siapa yang punya. Pak Ganjar siapa yang punya, yang punya kita semua," sambut ribuan warga Karanganyar sambil bernyanyi.


Ganjar berdialog dengan anak muda dan kelompok perempuan serta kelompok disabilitas di tempat itu. Ganjar banyak mendengar masukan, keluhan dan curhatan warga dengan baik dan sesekali memberikan jawaban yang berisi harapan.


Ada yang menarik ketika dua orang penyandang disabilitas naik ke atas panggung untuk berdialog dengan Ganjar. Bukannya bertanya, mereka justru memberikan pesan pada Ganjar agar lebih peduli pada penyandang disabilitas.


"Pak Ganjar, kami ini penyandang disabilitas yang dulu dilatih Bapak agar bisa mandiri. Kami dilatih di sejumlah SMK Jateng dan diajari banyak hal, mulai bengkel, boga dan lainnya. Dalam kesempatan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih," ucap salah satu penyandang disabilitas, Budiyanto.


Budiyanto mengatakan, pelatihan bagi penyandang disabilitas oleh Ganjar saat ia menjadi Gubernur Jateng itu dirasakan banyak manfaatnya. Semua penyandang disabilitas di 35 kabupaten/kota di Jateng yang pernah mengikuti pelatihan, kini bisa hidup mandiri.


"Saya sendiri sekarang buka bengkel Pak, bengkel sepeda motor dan sudah berjalan. Teman - teman yang lain juga semuanya berhasil dan mandiri. Kami sekarang bisa menghasilkan dan tidak bergantung pada orang lain," imbuhnya.


Budiyanto berharap, program pelatihan dan pendampingan bagi penyandang disabilitas di Jateng itu terus dilanjutkan Ganjar. Jika nanti ia menjadi presiden, Budiyanto berharap program itu bisa dilanjutkan ke semua daerah di Indonesia.


"Kami yakin Bapak adalah pemimpin yang paling peduli pada penyandang disabilitas. Kalau Bapak jadi presiden, tolong perhatikan juga nasib saudara kami penyandang disabilitas seluruh Indonesia," pintanya.


Ganjar merespon itu dengan anggukan kepala mantap. Ia mengatakan, perhatian pada penyandang disabilitas, kelompok perempuan, anak dan lansia memang masuk dalam program prioritasnya.


"Negara memang harus hadir pada kelompok - kelompok rentan itu. Kita beri perhatian, pelatihan, pendampingan dan akses modal agar mereka bisa berdaya. Tindakan afirmatif memang dibutuhkan dan negara harus menjamin itu," ucapnya.


Selama memimpin Jateng, Ganjar memang dikenal sangat perhatian pada kelompok rentan. Banyak program kemandirian ekonomi diberikan bagi mereka yang membutuhkan. Pelatihan, pendampingan serta pemberian akses modal menjadi andalan Ganjar mewujudkan kemandirian ekonomi bagi kelompok - kelompok rentan itu.


"Ini contoh yang bagus, bagaimana jika negara memberikan perhatian penuh, maka mereka bisa mandiri," pungkasnya.

close
Banner iklan disini