Keterangan Gambar : Dua pendekar Pencak Silat Nusantara melakukan atraksi bertarung di depan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Minggu (24/12/2023), di Colomadu Karanganyar Jawa Tengah dalam deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo – Mahfud MD untuk memenangkan Pilpres 2024. (foto: tpn ganjar mahfud)


essapers.com, Karanganyar, Jateng -  Ribuan pendekar pencak silat dari perguruan Jaringan Pencak Silat Nusantara (JPSN) berkumpul di Colomadu Karanganyar, Minggu (24/12/2023). Mereka menyatakan siap memenangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai presiden dan wakil presiden 2024.


Dukungan disampaikan langsung Ketua Umum JPSN, Muhammad Ubaidillah Suwito diikuti ribuan pendekat pencak silat dari berbagai daerah di Indonesia. Ganjar hadir secara langsung dalam deklarasi para pendekar silat tersebut.


"Kenapa kami mendukung Ganjar  Mahfud? Karena kami yakin keduanya sosok pemimpin yang benar - benar bisa memimpin Indonesia lebih baik. Keduanya sudah berpengalaman dan teruji dari segala hal," ucap Ubaidillah.


Menurut Ubaidillah, Ganjar sangat berpengalaman di bidang pemerintahan. Ganjar pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dan Gubernur Jateng, masing - masing dua periode. Begitu juga dengan Mahfud MD, juga sangat berpengalaman. Mahfud mempunyai rekam jejak dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.


"Keduanya benar - benar mumpuni. Dan kami yakin, di bawah kepemimpinan Pak Ganjar Mahfud koruptor pasti disikat," tegasnya.


Ubaidillah juga berharap Ganjar - Mahfud bisa terus melestarikan tradisi bangsa. Salah satunya adalah pencak silat yang merupakan seni beladiri peninggalan nenek moyang.


"Semoga Pak Ganjar dan Pak Mahfud ngopeni pencak silat sebagai salah satu warisan leluhur bangsa," pungkasnya.


Sementara itu, Ganjar mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan para pendekar pencak silat yang tergabung di JPSN. Ganjar sepakat, bahwa pencak silat harus terus dilestarikan sebagai budaya dan kearifan lokal yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.


"Pencak silat adalah salah satu peninggalan nenek moyang kita. Inilah tradisi luar biasa yang harus terus dilestarikan dan dikembangkan. Apalagi pencak silat juga sudah masuk ajang perlombaan di kancah internasional," ucapnya.


Maka dari itu, Ganjar berkomitmen untuk terus mengembangkan pencak silat agar semakin mendunia. Para perguruan pencak silat akan diperhatikan agar mampu mencetak atlet - atlet berprestasi baik di kancah lokal, nasional, hingga internasional.


"Kalau banyak pendekar yang kita ciptakan, maka kesempatan bendera merah putih berkibar di negara - negara dunia semakin besar. Karena salah satu yang bisa mengibarkan bendera merah putih di kancah dunia adalah dari atlet berprestasi," pungkasnya.