Label 1


 

Sehari setelah kunjungan Cawapres nomor 3 ke Riau, Lembaga Adat melayu riau berkunjung ke KASAL/KSAL


Essa pers.com. Riau ~ Kunjungan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) ke Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL/KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, di Jakarta (Selasa,30/1/2024)
Mengingat eratnya TNI AL memelihara perlambangan Melayu. Misalnya pejabat tinggi di TNI AL memakai pangkat laut tertinggi Melayu pula, yakni Laksamana. Di alam Melayu terkenal nama beberapa orang Laksamana seperti Laksamana Hang Tuah, Laksanana Bentan, Laksamana Nadim, dan Laksamana Raja di Laut.

Kunjungan LAMR ke KASAL beberapa hari lalu. bagi masyarakat melayu di Sumetera dan Melayu yg tersebar di negara Asia  sebagai hal paling penting, kunjungan tersebut sebagai suatu kegiatan terpuji, bagaimana pak KASAL menghargai kunjungan itu sebagai suatu kegiatan terpuji, sehingga tidak dipersoalkannya mengapa baru sekarang dilakukan karena sejumlah perlambangan Melayu itu sudah puluhan tahun diabadikan di TNI AL. Dalam pertemuan tersebut Ketua Lam Riau  menyampaikan hormat sebesar-besarnya kepada KASAL, Laksamana Muhammad Ali dimana dalam kinerja setahun lebih ini, masyarakat Riau Sudah jarang mendengar lagi informasi banyaknya kapala-kapal asing yg masuk Keriau dalam Hal negatif, diantaranya penyebaran Narkoba dll dan juga pada pertemuan tersebut KASAL sangat pandai berpantun.


Di singgung tentang pilpres saat acara selesai, kepada wartawan  Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (Ketum MKA) Datuk Seri H. Marjohan, meyampaikan bahwa pilpres di tahun 2024, LAM Riau tidak memihak ke pasangan capres manapun, tapi lebih menghargai menaruh hormat dan juga mendukung 

"Bagi pasangan Capres  yang akan mensahkan RUU Masyarakat Adat,seperti kita ketahui, diantara Pasangan Capres tersebut,diacara debat ke 4 yang diadakan beberapa hari lalu, Cawapres Gibran putra dari Presiden Jokowi, yang mempunyai gagasan tersebut,adapun gagasan Gibran yang disampaikan saat itu diataranya
1,) Hilirisasi di perluas Maritim,pertanian& digital
2.) Energy hijau,energy baru terbarukan di optimalisasi
3.) 19 juta lapangan kerja untuk anak muda 5jt diantaranya green jobs
4.) Ketersediaan pupuk,dan bibit yg mudah dan murah
5.) Farming untuk anak muda
6.) Anggaran Dana desa di tingkatkan
7.) dan yang terakhir RUU Masyarakat Adat
adapun nantinya jikalau Gibran mengadakan kampanye di Sumatera..agar mampirlah ke LAM Riau, mengingatkan kami saat kunjungan presiden  jokowi ditahun 2018 lalu..sekaligus upacara pemberian gelar adat terhormat masyarakat Riau untuk presiden Jokowi kala itu sebagai ( Datuk seri setia amanah)," ucap Ketua lembaga adat Melayu (aris)

close
Banner iklan disini