Label 1


 

Wartawan Memang Dahsyat & Profesional


ESSAPERS.COM | JAKARTA ~Wartawan merupakan orang yang melakukan pekerjaan kewartawanan dan atau tugas - tugas jurnalistik secara rutin. Dalam definisi lain, Wartawan dapat dikatakan sebagai orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun sebuah berita, baik dalam media elektronik, media cetak dan media online. 

Seorang Wartawan memang harus profesional akan sebuah pemberitaan yang dia cari untuk diterbitkan dalam sebuah media. Wartawan untuk menjadi insan pers sejati minimal bisa membedakan pengertian dan makna dasar apa yang disebut Informasi, Iklan dan Berita.

Informasi atau embaran adalah pesan atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, produk jadi, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.

Berita adalah salah satu bentuk produk jurnalistik yang bertujuan menyampaikan informasi tentang peristiwa atau kejadian terkini.

Wartawan memang dahsyat. Kedahsyatannya bagaikan memiliki kemampuan :

- Bagaikan memiliki banyak telinga, untuk mendengar sebuah info kejadian apapun;
- Bagaikan Bisa melihat sampai kedasar laut, bisa melihat isi perut bumi dan bisa melihat kelangit;
- Bagaikan bukan pemimpin, tapi mengawal kepemimpinan itu;
- Bagaikan bukan sakti, tapi memang harus sakti.

Itulah Kedahsyatan seorang wartawan.

Selamat Hari Pers Nasional 2024

"Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa"

Semoga Insan Pers semakin profesional akan pemberitaan

Akmal
Alumni Fisipol Unes

close
Banner iklan disini