Unit II Sat Intelkam Bidang Ekonomi, Sat Intelkam Polres Kep Mentawai saat berkoordinasi Pemilik Toko Grosir Midun

Essapers.com | Mentawai ~ Salah satu pedagang beras di Tuapejat - Mentawai Toko Grosir Midun mengatakan beras per Februari harganya tetap stabil. perhari ini berkisar Rp 165.000 hingga Rp 185.000/10 kg sesuai jenisnya. “Harga beras di wilayah Kabupaten  Kepulauan Mentawai akan cenderung naik apa bila ketersediaan atau stok berkurang, dan hal ini dipengaruhi oleh kondisi transportasi laut dan cuaca badai. Karena apabila cuaca badai, kapal penyeberangan dari Padang ke Mentawai akan mengalami penundaan keberangkatan yang membawa barang-barang PMD yang mengakibatkan ketersediaan/Stok ditoko langka,” ujar Midun.(01/3/2024).

Midun mengatakan bahwa stok beras hingga Ramadhan 2024 sudah aman. Midun juga menyebutkan sampai bulan April kondisi cuaca penyeberangan masih baik karena belum musim ombak/gelombong tinggi. Midun berharap agar pemerintah sigap dalam mengatasi ketersediaan stok beras dan penekanan kenaikan harga beras dan bahan pokok lainnya.

“Dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, tidak ada masalah dengan stok bahan pangan di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai bila pemerintah daerah cukup sigap dalam hal ini,” kata Midun.

“Apalagi telah diresmikannya penambahan pengoperasian kapal  penyeberangan (KMP. Wira Sameiri) lintas Padang-Mentawai di Pelabuhan Teluk Bungus Padang oleh Gubernur Sumatera Barat  Mahyeldi Ansharullah akan semakin membantu masyarakat dalam kekhawatiran masalah transportasi penyeberangan Padang –Mentawai sebagaimana yang dialami selama ini,” tutur Midun.

“Kehadiran KMP. Wira Sameiri merupakan wujud kepedulian Pemerintah dan swasta terhadap perekonomian Sumbar Khususnya Mentawai karena akan semakin memurahkan dan memudahkan mobilisasi barang kebutuhan pangan Mentawai. Kami sebagai masyarakat sangat mengapresiasi hal ini. Pungkas Midun.(W/R)