Label 1


 

MENINGKATNYA TINDAK PELECEHAN SEKSUAL DI MENTAWAI DILAKUKAN OLEH ORANG TERDEKAT, PAHAMI PEMICUNYA

Jajaran Polres Mentawai bersama Jurnalis Mentawai usai Press Release Akhir Tahun 2023 (31/12/2023)

ESSAPERS.COM | MENTAWAI ~ Tingkat tindak kriminal di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengalami penurunan yang sangat signifikan di tahun 2023 dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Mentawai AKBP Dr Fahmi Reza kepada wartawan di Aula Mapolres Kabupaten Kepulauan Mentawai. (31/12/2023).

“Kasus Narkoba mengalami penurunan dari 11 kasus menjadi 5 kasus di tahun 2023, sedangkan Laka lantas di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengalami penurunan dari  1 kejadian menjadi 0, tilang dari 192 kasus menjadi 162 kasus namun teguran yang diberikan kepada masyarakat terkait kepatuhan dan kelengkapan surat-surat dalam berkendara mengalami kenaikan yaitu 2.643 menjadi 2.742 teguran,” ucap Fahmi Reza.

“Namun tindak kriminal yang didominasi tindakan pelecehan sexual mengalami kenaikan dari 44 kasus menjadi 54 kasus dibanding tahun 2022. Menindaklanjuti dari kasus tersebut langkah-langkah presentatif telah kami lakukan diantaranya melalukan sosialisasi di sekolah-sekolah tentang bahaya melakukan sex bebas dan juga memahami tentang berbagai hal yang dapat memicu terjadinya tindakan pelecehan sexual yang kebanyakan dilakukan oleh orang terdekat dari korban.”

“Laka laut tahun 2023 ada 13 kejadian yaitu 7 (tujuh) kapal mati mesin, 3 (tiga) kapal terbalik, 3 (tiga) hilang dengan jumlah korban sebanyak 28 orang dengan rincian selamat (25 orang), meninggal dunia ( 2 orang) dan hilang (1 orang),” tutur Fahmi Reza.


“Polres Mentawai juga menangani kasus perkara kehutanan yang menjadi atensi pimpinan berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/A/01/I/2023/SPKT/POLSEK SIBERUT/POLRESKEP.MENTAWAI/POLDA SUMBAR, tanggal 13 Januari 2023, yaitu melakukan koordinasi dengan JPU terkait (berita acara koordinasi) yang akan diberikan terkait berkas perkara atas nama tersangka dan melaksanakan kegiatan mengambil (berita acara koordinasi JPU dengan penyidik) terkait berkas perkara atas nama tersangka S,” ungkap Fahmi Reza.

Fahmi Reza juga menyebutkan bahwa di tahun 2023 pihaknya telah melakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) kepada 4 personilnya atas tindakan yang tidak dapat ditolelir dan bersifat fatal.

AKBP Dr Fahmi Reza juga menyebutkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Jajaran Polres Mentawai di bawah komandonya diantaranya. “Kegiatan Sambang Nusa Presisi program dari Korporairud Baharkam Polri di Dusun Jati, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. adapun kegiatan yaitu : giat bersih-bersih pantai anggota satpolair bersama masyarakat Dusun Jati, Desa Tuapejat,  giat penyuluhan hukum, giat bakti kesehatan dan giat bantuan sosial kepada masyarakat Dusun Jati, Desa Tuapejat.” imbuh Fahmi Reza. 

“Kami juga melakukan pembangunan ruangan pelayanan satu atap ( SIM, SKCK, Laporan dan Pengaduan Masyarakat ) Polres Kepulauan Mentawai, yaitu pembangunan ruangan pelayanan satu atap dan lapangan ujian mengemudi, pembangunan lapangan ujian mengemudi bagi masyarakat yang membuat SIM dan juga kegiatan Jumat curhat, bantuan sosial dan bakti sosial yang melibat masyarakat luas.”

Diakhir AKBP Dr Fahmi Reza juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut mensukseskan Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 29024 mendatang.(R/W).

 

 

 

 

 

 

close
Banner iklan disini