Jajaran Pemda dan Forkopimda Mentawai dalam Event Festival Pesona Mentawai 2023

Event Festival Pesona Mentawai 2023 yang di gelar di Homestay Mapadeggad, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai tersebut berlangsung dari tanggal 04 s/d 07 Oktober 2023 yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audi Joynaldi berhasil menyedot perhatian masyarakat dan berlangsung meriah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai, Joni Anwar menyebutkan bahwa event tersebut melibatkan sebagian besar pelaku UMKM baik kuliner maupun ekonomi kreatif yang tersebar dalam 200 stand yang ikut serta dalam perhelatan tersebut. Dalam acara tersebut menurut Joni Anwar, perputaran uang pada acara tersebut mencapai lebih dari 4 miliar rupiah.(07/10/2023).

“Selama Festival Pesona Mentawai 2023 yang diadakan di Kawasan Wisata Mapaddegat, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai dari  4 sampai 7 Oktober 2023 telah beredar uang lebih dari 4 miliar rupiah. Data tersebut kami dapatkan dari 200 stand yang ikut ambil bagian dalam Festival Pesona Mentawai 2023 ini. Masing-masing stand diperkirakan memperoleh pendapatan hingga 2 juta rupiah perhari selama 4 hari penyelenggaraan Festival Pesona Mentawai 2023. Belum lagi ditambah dengan semua kamar hotel dan homestay yang semuanya penuh, bahkan kekurangan kamar. Bahkan ada beberapa peserta yang terpaksa tinggal di rumah penduduk, karena tidak tersedia lagi  kamar baik di penginapan maupun homestay milik masyarakat,” ungkap Joni Anwar.

Dalam kesempatan tersebut Joni Anwar juga menyebutkan bahwa Anggaran dari pemerintah untuk penyelenggaraan festival tersebut adalah 1,3 miliar rupiah. Dana tersebut dipergunakan untuk biaya mendatangkan kontingen dari 10 kecamatan termasuk Sikerei dan sewa band local dan operasional lainnya.

Suasana malam Puncak Festival Pesona Mentawai 2023 di Homestay Mapadeggad, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai


"Banyak kegiatan yang dilakukan dalam Festival Pesona Mentawai 2023 kali ini, diantaranya Lomba Solo Song tingkat anak dan remaja, Panahan, Miniatur Uma, Turuk Lagai serta perlomba Silaju Sampan yang cukup menyedot animo masyarakat. Dalam 4 hari penyelenggaraan tersebut diperkirakan jumlah pengunjung berjumlah 400 – 500 orang baik dari Mentawai maupun luar Mentawai perhari. Dari angka tersebut bisa menjadi parameter bahwa animo masyarakat Mentawai terhadap kegiatan budaya sangat mengejutkan. Hal ini menjadi PR bagi Pemda dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk lebih meningkatkan secara maximal semua semua potensi yang di miliki oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai,” pungkas Joni Anwar

Diakhir Joni Anwar menyebutkan bahwa Event  Festival Pesona Mentawai melibatkan semua OPD dan semua unsur Forkopimda serta persiapan yang dilakukan hingga 2 bulan. Dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua yang telah terlibat dalam mensukseskan Event  Festival Pesona Mentawai.(R/W).