Monitoring harga pasar jelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H di Tuapejat
 
ESSAPERS.COM  | Mentawai ~ Menjelang bulan suci ramadhan, biasanya harga sembilan bahan pokok mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan karena meningkatnya permintaan pasar. Berbagai cara pencegahan dilakukan oleh pemerintah dalam mengantisipasi kenaikan harga tersebut.

Demikian juga halnya yang terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kekhawatiran akan kurangnya stock sembako menjadi kekhawatiran semua pihak.

Dalam mengantisipasi melambungnya harga sembako pada bulan suci Ramadhan 1445 H, baik Pemerintah Daerah Mentawai dan instansi terkait melakukan monitoring ke pasar, toko grosir yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. (5/3/2024)

Salah satu pedagang beras di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai bernama Midun pemilik took grosir beras menyebutkan bahwa harga beras dalam bulan Februari cenderung stabil.

“Harga beras per Februari relative tetap stabil.  Harga berkisar Rp 165.000 hingga Rp 185.000 /10 kg sesuai jenisnya.Biasanya harga beras di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan cenderung naik apa bila ketersediaan atau stok berkurang. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi transportasi laut dan cuaca. Karena apabila cuaca kurang bersahabat atau badai, kapal penyeberangan dari Padang ke Mentawai akan mengalami penundaan keberangkatan yang membawa barang-barang PMD sehingga mengakibatkan ketersediaan/stok bahan sembako ditoko langka, “ujar Midun.

Midun mengatakan bahwa stok beras di tokonya hingga Ramadhan 2024 sudah aman. “Sampai bulan April kondisi cuaca untuk penyeberangan masih baik karena belum memasuki musim ombak/gelombong tinggi.Saya rasa Pemerintah Daerahpun sudah sigap dalam mengatasi ketersediaan stok beras dan cara menekan kenaikan harga beras dan bahan pokok lainnya,” ucapnya lagi.

Dalam pantauan Awak Media Essapers.com, berbagai pihak juga melakukan monitoring dan pengecekan stok persediaan dan harga sembako,, diantaranya Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Kepulauan Mentawai dan juga pihak kepolisian dalam hal ini Unit II Sat Intelkam Bidang Ekonomi,

Saat dikonfirmasi oleh Essapers.com,  Kapolres Kepulauan.Mentawai AKBP.Rory Ratno A.S.E.M.M.,M.Tr.Opsla melalui Kasat Intelkam Polres Kepulauan Mentawai Iptu.Iwan Yulianus Purwanto.SH mengatakan, kegiatan Monitoring harga sembako akan dilakukan setiap hari, dalam rangka untuk memastikan kesetabilan harga sembako, dan ketersedian sembako aman .

”Kita sampaikan pada pedagang yang berjualan di pasar atau toko grosir, agar menjaga kestabilan harga sembako, sehingga menjelang dan di masa Bulan Suci Ramadhan 1445 H akan dilalui dengan nyaman karena tidak ada masalah dengan sembako dan kebutuhan utama lainnya, mengingat kita di kepulauan yang sangat bergantung dengan cuaca,” ucap Kasat Intelkam Polres Kep Mentawai Iptu.Iwan Yulianus Purwanto.SH.

 “Jajaran Polres Kepulauan  Mentawai akan menindak tegas pada oknum – oknum masyarakat ataupun pedagang yang sengaja menimbun sembako.khususnya dalam memasuk bulan Suci Ramadhan 1445 H,” tegas Iptu Iwan.

Hingga berita ini diturunkan harga dan stok beras dan harga beras ditoko dijual pedagang diwilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai masih Stabil.(W/R)