Keterangan Gambar : Pj Bupati Fernando Jongguran Simanjuntak saat membagikan bendera kepada warga Pogari

ESSAPERS | MENTAWAI-
 Dalam rangka menyambut dan menyemarakkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, Pemkab Mentawai mengimbau masyarakat untuk ikut berpartisipasi mengibarkan bendera merah putih dan memasang simbol- simbol Kemerdekaan serta umbul umbul secara serentak selama satu bulan penuh di bulan Agustus.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Fernando Jongguran Simanjuntak dalam sambutannya saat kegiatan Gerakan Nasional Pembagian Bendera Merah Putih 1000 Bendera di dusun Pogari Desa Goiso’oinan Senin (31/7/2023).

“Memasuki bulan Agustus, bulan kemerdekaan, mari kita sambut dengan kegembiraan dan kemeriahan HUT RI ke-78, ini sangat penting karena ini merupakan satu wujud pernyataan kita, kecintaan kita kepada negara kesatuan RI, juga betapa kita mensyukuri kemerdekaan yang sudah kita raih, kurang lebih 78 tahun”. Tegasnya.

Fernando menyebutkan segala simbol Kemerdekaan RI wajib berdiri tegak di seluruh pelosok Nusantara khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Menurutnya  bahwa momen peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 hendaknya dijadikan sebagai ajang memperkuat nasioanalisme, serta persatuan dan kesatuan.

Fernando juga menambahkan, pengibaran bendera merah putih merupakan wujud terima kasih kepada seluruh pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk bangsa Indonesia.

“Mulai besok (1/8) merupakan puncak kegiatan penyerahan seluruh bendera dan mengimbau agar kita sama sama berpartisipasi. Nanti setelah bendera ini dikibarkan khususnya di dusun Pogari ini menjadi merah putih sepanjang satu bulan ini tentunya selepas bulan agustus ini rasa kebangsaan ini juga tumbuh subur disanubari kita.” Terangnya.

Diakhir sambutannya ia berharap kepada masyarakat dengan mengibarkan bendera merah putih dan umbul-umbul tersebut dapat mengingatkan perjuangan-perjuangan dalam meraih kemerdekaan bangsa ini.

Acara pencanangan sekaligus penyerahan bendera merah putih dihadiri oleh Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, dan Masyarakat