Pemkab Padang Pariaman Sosialisasikan Budaya Baca dan Literasi Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Khusus Serta Masyarakat

ESSA PERS, PADANG PARIAMAN,
Pariaman - Dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi pada satuan pendidikan dasar dan pendidikan khusus serta masyarakat, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan adakan sosilasisasi budaya baca dan literasi di Aula Dinas Kearpus, Pariaman, pada Senin (31/07).

Diketahui, kegiatan sosialiasi tersebut diikuti sebanyak 68 orang yang terdiri dari Wali Nagari, Kepala Sekolah, Pengelola perpustakaan sekolah dan Nagari se Kabupaten Padang Pariaman, serta pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Delima Bandara.

Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, saat membuka kegiatan secara resmi menyebutkan, bahwa kemampuan dan kegemaran membaca merupakan faktor penting dalam pengembangan wawasan, pola pikir dan pemahaman terhadap beragam konteks kehidupan masyarakat.

"Upaya pembudayaan harus ditanamkan dan dilatih sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat memunculkan role model sebagai garda terdepan dalam meningkatkan budaya baca dan literasi di Kabupaten Padang Pariaman,"terangnya.

Selain itu, rahmang juga menjelaskan, berdasarkan hasil survey tingkat kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Padang Pariaman pada Tahun 2022 masih berada pada level rendah.

Dengan demikian, tambah Rahmang kegiatan literasi dan penyediaan informasi pada perpustakaan akan mempunyai andil yang besar dalam menciptakan kemampuan literasi masyarakat sehingga dapat mengubah kualitas hidup yang menjadi lebih baik untuk mewujudkan Padang Pariaman berjaya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman Erman menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengelola perpustakaan untuk memajukan daya kunjung keperpustakaan dan tersedianya SDM pustakawan yang representative dan permanen di Perpustakaan.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini, turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Anwar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hendri Satria,   dengan mendatangkan narasumber dari Ketua TP PKK sekaligus Bunda Literasi Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, dan Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan Provinsi Sumbar Taufik Ramadan.