Tabuik Kelaut Selesai, Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023 Usai

Essa News, Sumbar -
Menyambut 10 Muharram menjadikan momentum masyarakat Pariaman dalam pagelaran pesta budaya Hoyak Tabuik, budaya Hoyak Tabuik sendiri menjadi pemicu pariwisata sekaligus momen bagi perantau untuk pulang dan menyaksikannya, prosesi Hoyak Tabuik budaya tahun ini pun berlangsung sejak tanggal 19 Juli hingga 30 Juli 2023.

Tabuik adalah warisan berharga kota Pariaman, acara Hoyak Tabuik inipun berlangsung mulai saat diarak dari pasar pariaman hingga pantai gandoriah yang bermuara pada pukul 18:00 WIB, Acara tahun ini pun dihadiri Anggota DPR RI Rezka Oktoberia, Anggota DPD RI Emma Yohana, Bupati Kab. Padang Pariaman Suhatri Bur, Walikota Bukittinggi Erman Safar, Ketua TPP PKK Sumatera Barat Umi Harneli, Kepala OPD Lingkup Provinsi, dan Seluruh Pejabat yang ada di Provinsi Sumbar dan kota Pariaman, Pantai Gandoriah Minggu, (30/7/23).

Tabuik sendiri merupakan event unggulan khas kota Pariaman yang tidak pernah sepi tiap tahunnya, selain itu event Tabuik juga sebagai daya pikat wisatawan lokal maupun interlokal, hal ini dibuktikan dengan hampir dua ratus ribu orang pengunjung meramaikan tradisi Budaya Kota Pariaman, Hoyak Tabuik tahun inipun mendapat apresiasi tertinggi dari Wakil Gubernur Audy Joinaldy.

“Mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Barat saya mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi tingginya untuk pemerintah kota Pariaman, Masyarakat, serta seluruh pihak dalam penyelenggaraan acara ini” Ucap Audy.

“Ini merupakan budaya yang luar biasa, kita juga berharap tahun depan bisa berkolaborasi lebih bagus lagi kedepannya” lanjut Audy.

Selain sebagai pemicu pariwisata, Hoyak tabuik merupakan budaya milik masyarakat kota Pariaman, event inipun sebagai waktu untuk para perantau asal Pariaman pulang kampung secara bersama sama, perantau yang pulang pun untuk mensukseskan dan menyaksikan pesta budaya ini, tak luput dari itu Walikota Pariaman Genius Umar pun menyampaikan terima kasih kepada perantau atas partisipasi dalam membangun kota Pariaman.

“Untuk para perantau yang telah pulang kampung hari ini, saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi perantau untuk membangun kota yang sangat luar biasa dalam mencapai kota pariaman lebih baik untuk masa depan” ucap Genius.

Sebelum Tabuik diarak ke laut, dendang lagi minang yang dibawakan Elsa Pitaloka dan Arif Lida turut memeriahkan acara Pesona Hoyak Tabuik Tahun ini, ditemani dengan tabuhan gandang tasa dan lagu Pariaman kedua Tabuik diarak pukul 17:45 WIB ke laut, menyaksikan Tabuik yang diarak berbondong bondong masyarakat yang hadir berhamburan menuju badan Tabuik yang telah dibuang ke laut.