Pemprov Sumbar Bantu Mobilisasi Pendemo, Logistik Hingga Periksa Kesehatan Gratis 

Essa News, Sumbar - Hujan deras yang mengguyur Kota Padang pada hari kedua unjuk rasa seribuan orang asal Pasaman Barat (Pasbar) di depan Kantor Gubernur, mengakibatkan kondisi mereka cukup memprihatinkan. Terutama anak-anak dan lansia. Mereka kedinginan, butuh makanan dan pakaian. 

Situasi ini direspon cepat oleh beberapa OPD terkait, diantaranya Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan mengirimkan serta menyerahkan langsung bantuan logistik kepada pengunjuk rasa yang berkumpul di Mesjid Raya Sumbar, Selasa (1/8/2023). 

Bantuan terdiri dari paket lansia, paket anak-anak, selimut dan makanan. Bantuan senilai Rp13 juta tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar Ary Ruswandi beserta jajaran. 

"Mendapatkan informasi bahwa di Masjid Raya ada banyak pendemo yang menginap dan diantaranya ada ibu-ibu, anak-anak & lansia yang kedinginan, maka kita berikan bantuan berupa selimut, handuk, pakaian serta mie instan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kondisi tersebut," ujar Ary. 

Sebelumnya, bantuan juga diberikan oleh Satpol PP Provinsi Sumbar dengan mengerahkan truk Satpol PP untuk mengantar anak-anak dan ibu-ibu yang kehujanan dari Kantor Gubernur ke Masjid Raya Sumbar. 

Salah seorang warga, Ridwan, yang sedang berada di lokasi tidak jauh pintu masuk Mesjid Raya menyatakan ia melihat truk Satpol PP bolak-balik hingga 4 kali untuk menjemput anak-anak, perempuan dan lansia. 

"Tadi saya lihat truk Pol PP mengantar anak-anak dan ibu-ibu yang kehujanan dari kantor gubernur ke Mesjid Raya. Sampai empat kali bolak balik. Semoga semua dapat jalan keluarnya," jelas Ridwan. 

Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar juga hadir di Mesjid Raya memberikan pemeriksaan kesehatan gratis sesuai instruksi gubernur untuk terus mengawal kondisi para pengunjuk rasa yang beristirahat di Mesjid Raya Sumbar. 

Sementara itu, Kaban kesbangpol Provinsi Sumbar Jefrinal Arifin dalam laporan tertulisnya menjelaskan aksi unjuk rasa hari ke-2 oleh Masyarakat Nagari Air Bangis Kab. Pasaman Barat bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat, pada 1 Agustus 2023 pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB berjalan aman dan lancar. 

Pengunjuk rasa diterima diantaranya oleh Kabankesbangpol, Kasatpol PP, Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kadis Lingkungan Hidup dan Kabid Kewaspadaan Kesbangpol Sumbar. 

Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa Rabu (2/8/2023), perwakilan masyarakat Air Bangis dan BEM Sumbar diterima Gubernur di Ruang Rapat Kantor Gubernur.