STUDI TIRU MENGENAI PEMEKARAN NAGARI KE AGAM, BUPATI SIAK TERTARIK DENGAN E-VOTING

ESSA NEWS, AGAM -
Kabupaten  Siak melakukan studi tiru berkaitan tentang pemekaran Nagari yang telah di laksanakan oleh Kabupaten Agam terhadap 10 Nagari.

 

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM serta menjamu makan siang rombongan Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi, di Rumah Dinas Bupati Agam, Padang Baru, Lubuk Basung, Senin (31/7).

 

Rombongan berjumlah 20 orang yang dipimpin oleh Bupati Siak, dengan membawa Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Camat, Sekretaris Camat dan Penghulu(Kepala kampung).

 

Bupati Siak menyampaikan bahwa ada 5 kampung persiapan atau desa persiapan di Kabupaten Siak yang sedang berproses menjadi kampung atau desa difinitif.

 

“Kabupaten Siak ingin belajar ke Kabupaten Agam tentang kiat percepatan pemekaran, selain itu kami tertarik ingin melaksanakan pemilihan kepala kampung disebut penghulu menggunakan e voting seperti di Agam,” Ungkap Alfredi.

 

Disamping itu, Bupati Agam dalam sambutannya menyampaikan Agam telah memekarkan 10 Nagari dan telah dilakukan pemilihan wali nagari definitif.

 

“13 nagari persiapan telah selesai legalisasi peta batas nagari oleh badan informasi geospaaial (BIG), kami senang berbagi ilmu khususnya menyenai e-Voting,”ucap Andri Warman.