TUd7GSW9TpA6TSG7GUA7BSziGi==

Profesor. H. Masri Mansoer Akan Melaju Bersama PPP Menuju Kabupaten Solok Maju dan Sejahtera


ESSAPERS.COM | SOLOK ~ Prof. Dr. H. Masri Mansoer, lahir di Paninggahan, Kabupaten Solok, Sumatera Barat pada tanggal 6 Oktober 1962 merupakan akademisi yang sudah banyak pengalaman sebagai birokrasi kampus. Sejak tahun 2006 menaji wakil dekan dua priode, dekan, wakil rektor dan sekarang sebagai sekretaris Senat Universitas UIN Jakarta.

Tidak hanya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Masri juga mengajar di beberapa perguruan tinggi  seperti di Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan tahun 1989 sampai sekarang sebagai dosen di UHAMKA Jakarta serta di ITB Ahmad Dahlan Jakarta dari tahun 2022 sampai sekarang.

Pengalaman Prof. Masri Mansoer di bidang akademik tidak hanya di dalam negeri saja, beberapa perguruan tinggi luar negeri pernah dikunjungi dalam kegiatan ilmiyah dan kunjungan kerja  USIM, UIIM, KUIM dan KUIS di Malaysia.

Kemudian di Paththani University dan Mahidol University di Thailand, University of Tehran dan University of Qom, Iran. Selain itu Fukuoka University, Jepang, Umm al-Quro Univeristy, Mekkah dan Islamic University of Madinah, Madinah dan Kolej Islam Muhammadiyah Singapura, menambah daftar panjang pengelaman Prof. Masri Mansoer.

Pengalaman akademiknya yang luas, dari menjadi dosen tetap di Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta hingga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, memberikan kedalaman dan wawasan yang tidak ternilai harganya. Kunjungannya ke berbagai perguruan tinggi luar negeri tidak hanya mengukuhkan reputasinya sebagai cendekiawan global, tetapi juga membuka pintu kolaborasi lintas budaya dan keilmuan.

Tidak hanya aktif ketika menjadi Mahasiswa saja, Prof. Masri  sekarang masih terlibat di beberapa organisasi besar seperti di Muhammadiyah, beliau sekarang menjadi Dewan Pakar di Majlis Pendayagunaan Wakaf PP Muhammadiyah dan Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan.

Selain itu, Ketua Bidang Pendidikan, Agama dan Adat DPP Da`i Rantau Minang (DARAM),  Ketua Umum Badan Persiapan Provinsi Daerah Istimewa Minangkabau (BP2DIM) dan anggota Komisi Ukhwah MUI Pusat, serta Dewan Pembina Yayasaa Danau Singkarak dan Dewan Pakar DPP Perkumpulan Keluarga Kapubaten Solok (PKKS).
Selain itu, Prof. Masri juga aktif menyampaikan gagasan dan pemikiran dalam berbagai kegiatan ilmiah, beberapa karya ilmiah yang pernah dipublikasikan: Strategi pendidikan (Bunga Rampai), Uhamka Press, Jakarta 2010.

Kemudian. Komparasi Religiusitas Remaja: Kasus Pada Siswa SLTA di Jakarta dan Rangkasbitung (Jurnal Scientium 2015). Penerapan Statistika Dalam Penelitian Sosial Keagamaan, Ushul Press, 2014. Teologi Sosial: Membaca Pemikiran Ahmad Dahlan (dalam Muhammadiyah Ahmad Dahlan), Editor Azrul Tanjung dkk., STIE Ahmad Dahlan, Jakarta, 2015.

Teen Religiusity: Case Study In Teen in Surabaya, Mataram and Kendari: Asian Journal of Social Sciencies & Humaniteis Vol 6 (4) November 2017
Understanding Theological Interpretation in Tafsir Departemen Agama RI Printed 1996-1997. Jurnal Ilmu Ushuluddin VOL. 9, NO. 1, JULI 2022. Anthropomorphism in the Tafsir by the Ministry of Religious Affairs, IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities) VOL 5 No. 2, October 2022. Melawan Badan 60 Tahun Masri Mansoer (2022) dan Relasi Allah dan Manusia Dalam Teologi Islam (2023).

Namun, di balik semua prestasi gemilangnya, Prof. Masri Mansoer tetap mengakar pada nilai-nilai lokal dan kearifan tradisional. Dari sekolah dasar hingga meraih gelar doktoral, beliau menjalani perjalanan hidup yang penuh warna dan inspiratif. Karya ilmiahnya yang terpublikasi menjadi saksi bisu atas kontribusinya dalam memperkaya wacana keilmuan, dari sosiologi hingga teologi.

Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman sebagai akademik serta birokrat kampus yan mumpuni,  Prof. H. Masri Mansoer ingin mengabdikan dirinya untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kab. Solok yang berkeadilan dan dalam Ridha Ilahi.

Prof. Masri menyatakan kesiapan dirinya  Untuk menjadi Bupati Solok dengan Visi Menjadikan Kab. Solok yang Maju, Adil, Sejahtera dalam Ridha Ilahi (MASRI).

Untuk mewujudkan Visinya tersebut, Prof. Masri memiliki Misi, diantaranya yaitu, pertama pendidikan berkualitas berkeadilan dan berkenjutan untuk semua, kedua pengembangan ekonomi berkelanjutan dan berkeadilan, dan yang ketiga penguatan sistem kesehatan yang terjangkau, adil dan berkualitas.

Kemudian yang ke-empat  peningkatan kualitas hidup masyarakat, kelima konservasi alam dan lingkungan yang berkelanjutan, keenam peningkatan tata kelola pemerintahan yang transparan, Akuntabel dengan prinsip good governance.

Misi yang ke-tujuag yaitu .embangun hebersamaan dan solidaritas masyarakat rantau dan ranah. Serta inovasi dan teknologi untuk kemajuan yang berkeadilan dan mengakulturasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Agama, Pancasila dan kearifan lokal.

Dengan tekad yang bulat dan semangat yang membara, Prof. H. Masri Mansoer siap terjun ke Arosuka untuk mewakafkan dirin sepenuhnya dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Solok. Hal itu disampaikan prof. Masri ketika mengikuti selesai dan wawancara di depan pimpinan wilayah PPP  Sumbar di padang Selasa 2 Juli 2024.***

Komentar0